Minggu, 11 Desember 2016

Pengertian Visual Basic Menurut Para Ahli (Terbaru)




Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang bersifat event-driven. Jika dibahas dalam istilah sehari-hari, event-driven programming merupakan script pemrograman yang “bereaksi” apabila ada kejadian (event) yang dipicu oleh seorang user, misalnya saat menekan tombol “Submit”, “Hitung”, dan sebagainya (Enterprise, 2015).
Visual Basic adalah bahasa pemrograman generasi ke tiga dari Microsoft dengan IDE (Integrated Development Environment) atau pemrograman pengembangan terpadu, visual basic dibuat dan dirancang untuk mudah digunakan baik oleh programmer pemula sekalipun (Atmoko, 2013).

Ada beberapa komponen yang secara langsung sering terlibat dalam pembuatan program menggunakan Visual Basic 6.0. Komponen-komponen tersebut adalah :


1)          Project
Pertama kali ketika Visual Basic akan digunakan maka komponen project yang akan di load, selanjutnya adalah menambah form-form atau membuat modul atau mungkin membuat kode program.
2)          Form
Form digunakan ketika akan meletakkan object-object apa saja yang akan digunakan dalam program, object-object yang terdapat dalam toolbox, diletakkan dan di desain dalam bagian form. Umumnya dalam suatu form terdapat garis titik-titik yang disebut dengan Grid.
3)          ToolBox
Toolbox adalah kotak alat yang berisi icon-icon untuk memasukkan objek tertentu ke dalam jendela form. Toolbox tersebut dapat dimodifikasi misalnya menambah komponen icon dengan cara melakukan klik kanan pada toolbox  lalu memilih Components.
4)          Properties
Property digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa property yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat kode program. Property langsung berkaitan dengan objek dan digunakan oleh proses-proses yang ada dalam objek.
5)          Kode Program
Kode program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek.
6)          Event
Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek misalnya klik, drag, tunjuk dan lainnya. Contoh:
Private sub command1_click()
 ……..
End sub
Pada contoh program diatas, event yang terjadi adalah event click, yaitu ketika suatu objek dilakukan click maka akan muncul suatu aksi apa dari akibat dari proses click tersebut. Object yang di click pada contoh program diatas adalah object command button.
7)          Metode
Metode adalah suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia didalam suatu objek. Metode biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatu objek. Contoh :
Private sub Command1_click()
  Text1.text =“Hallo, kawan Ufhi”
End sub
Pada contoh diatas terlihat bahwa yang disebut metode adalah yang muncul ketika object textbox diberi tanda titik, Text1.text  artinya pada object textbox yang namanya Text1 akan muncul tulisan “Hallo, kawan Ufhi”, ketika event click dilakukan pada object command button.
8)          Module
Module dapat disejajarkan dengan form, tetapi tidak mengandung object. Module dapat berisi kode-kode program atau procedure yag dapat digunakan dalam program aplikasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

~*~ Setelah membaca jangan lupa meninggalkan komentarnya, untuk kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya ~*~