PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Selasa, 19 Mei 2015

Wisata Pantai Jodoh – Buntu Gringsing


Tempat Wisata Alam di Kotaku
Wisata Pantai Jodoh – Buntu Gringsing


I.  Profil Pantai Jodoh Batang
Pantai Jodoh atau sering disebut juga pantai Buntu ini terletak di desa Sidorejo kecamatan Gringsing kabupaten Batang provinsi Jawa Tengah.
Seperti kebanyakan pantai-pantai di utara pulau Jawa, pantai ini juga mempunyai pasir cokelat. Pemandangan asri yang ada di pantai ini sangat memukau. Pantai ini memang belum mengalami perbaikan atau pembangunan-pembangunan sebagai penunjang tempat wisata tetapi dengan pemandangan yang alami dan air laut yang tidak tercemar, pantai ini sangat tidak patut untuk dilewatkan.
Pantai ini juga unik karena di sepanjang pantai ada rel kereta api yang jika kita beruntung akan menikmati pemandangan yang masih alami dan kereta api yang hilir mudik lewat.
Walaupun pantai ini belum mengalami pembangunan infrastruktur yang memadai tetapi para pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan disana karena di sepanjang pantai juga sudah banyak masyarakat-masyarakat sekitar yang berjualan berbagai macam makanan.
Bahkan ongkos masuk ke tempat wisata pun terbilang murah meriah. Hanya sebesar Rp 3.000,- per orang. Murah kan?!



II.  Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Sekitar Tempat Wisata
Pantai jodoh di kecamatan Gringsing ini memang masih tergolong tempat wisata baru bahkan belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, ini mungkin karena kurangnya perhatian yang diberikan dinas pariwisata atas pantai ini. Hal ini bisa dilihat dari keadaan jalan menuju tempat lokasi sangat buruk dan tidak adanya petunjuk arah untuk menuju lokasi pantai jodoh tersebut tetapi sekali lagi wisatawan yang akan berkunjung tidak perlu khawatir karena para wisatawan bisa bertanya para penduduk di sepanjang jalan menuju pantai ini.
Sedangkan kegiatan ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata pantai jodoh ini kebanyakan masyarakat adalah seorang petani. Dan sebagian kecil masyarakat adalah nelayan, pedagang dan pegawai swasta.

III.  Kondisi Transportasi
Untuk saat ini jalan menuju tempat wisata pantai jodoh ini hanya dapat di tempuh dengan sepeda motor atau kendaraan pribadi saja. Sedang untuk bus belum bisa mencapai lokasi, ini karena keadaan jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati bus.

IV.  Pengelola Pantai Jodoh
Karena belum adanya tindakan yang bersifat mendukung dari dinas pariwisata untuk pelestarian tempat wisata ini, maka pengelola pantai jodoh masih berpusat dari swadaya masyarakat sekitar tempat wisata.
Semoga kedepannya pemerintah terkait bisa lebih memperhatikan tempat wisata ini karena sangat sayang jika tempat wisata pantai jodoh dibiarkan begitu saja.


V.  Kesimpulan
Pantai Jodoh atau sering disebut juga pantai Buntu ini terletak di desa Sidorejo kecamatan Gringsing kabupaten Batang provinsi Jawa Tengah. Pantai ini belum mengalami pembangunan infrastruktur yang memadai.
Kegiatan ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata pantai jodoh ini kebanyakan masyarakat adalah seorang petani. Pantai jodoh ini hanya dapat di tempuh dengan sepeda motor atau kendaraan pribadi. Pengelola pantai jodoh masih berpusat dari swadaya masyarakat sekitar tempat wisata.


Related Post :

8 komentar:

  1. wahaha, ketemu nggak mbak sama jodohnya? atau malah udah punya jodoh tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee.... cuma nama pantainya aja 'pantai jodoh' nggak ada hubungannya sama 'jodoh' #maybe

      Hapus
  2. kemarin, tgl 27sep15 saya sama rombongan 40 orang, juga kesana,.. amat di sayangkan pantai seindah itu, tidak diperhatikan dinas pariwisata setempat, akses jalan yg begitu minim petunjuk, jln yg rusak.. dan tidak adanya wahana pendukung lainnya... alhamdulillah dng bantuan google map sampai juga disana, rasa lelah jenuh diperjalanan, hilang seketika melihat panorama pantai, elok bersih, berjajar pohon pohon... membuat suasana jadi adem... save pantai jodo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya utk pantai jodohnya udah dpet perhatian dr Dinas Pariwisata setempat, terlihat dr pembangunan2 yg saat ini sedang dilakukan. Yang agak "menyebalkan" itu jalan2 menuju ke tempt wisata itu, rusak parah.
      Btw thx atas comentnya

      Hapus
  3. di pantai jodoh itu adem, pohon cemaranya berjajar rapi hehe,,.. mbk upi' orang mana? desaku sebelah selatan pantai jodoh lho

    http://lafifr.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal...
      kalo desaku sebelah timur (agak jauh sih sebenarnya dari pante jodo, tapi deket kali kutho #promosi ^_*)

      Hapus
  4. deket kali kutho wong grungsing paleng..haha

    BalasHapus

~*~ Setelah membaca jangan lupa meninggalkan komentarnya, untuk kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya ~*~

twitterfacebookgoogle plusemail